Halaman

Selasa, 04 Maret 2014

Peralatan Jaringan


PERALATAN JARINGAN LAN (Local Area Network)

1.    Kabel dan Konektor RJ 45

Kabel yang dipakai adalah kabel belden UTP kabel ini yang biasanya kita lihat jika kita  kewarnet  atau ketempat yang ada jaringannya ada juga yang dinamakan kabel STP tapi pengunannya hanya untuk jaringan yang dipasang di outdoor saja jenis konektor adalah konektor RJ 45 untuk 8 pin.

 2.   Crimping Tool



Crimping tool dipakai untuk menjepit kepala konektor RJ 45 ketika telah pas dengan mata dari kabel belden sehingga membuat kepala konektor tidak bisa lepas lagi dari kabel belden.

3.  LAN Card (Kartu Jaringan)
.   



Kartu jaringan merupakan salah satu komponen utama dalam pemasangan jaringan namun dalam masa sekarang ini teknologo sudah lebih canggih maka kita tidak memerlukan lagi apa yang dinamakan dengan LAN Card karena pada mainboard yang ada sekarang ini sudah mempunyai LAN Onboard.


4.   HUB


HUB adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengkombinasikan jaringan jika terdapat banyak jaringan yang akan dipakai jumlah konektor pada HUB yang akan kita pakai tergantung pada banyak komputer yang ada. Fungsi dari HUB juga mengatur jalur jaringan yang ada sekaligus menghubungkan dari komputer A ke komputer B untuk saling bertukar informasi.


5.   Conecting Tester



    Conecting Tester ini dipakai untuk mengecek apakah jalur konektor dengan kabel telah berfungsi dengan baik atau tidak dapat diketahui dengan mengunakan  alat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar